Rabu, 22 Juli 2009

Job Analysis; dalam lingkup Contoh Penggunaan Standard Kata Kerja

I. Pendahuluan

Salahsatu sifat dari suatu uraian pekerjaan adalah bersifat naratif atau paparan yang secara lahiriah berujud susunan kata dan kalimat. Karena berbentuk kata dan kalimat, maka yang akan melekat adalah ciri kualitas, yaitu yang dituntut bukan jumlah panjang lebar atau kuantitas dari kata atau kalimatnya, namun yang dituntut adalah mutu, ringkas, dan keserasian susunan dari kata atau kalimatnya. Menyusun kata atau kalimat dalam perumusan uraian pekerjaan diperlukan kategori penulisan/penggunaan kata kerja tertentu yang dapat menggambarkan jenis dan sifat aktivitas yang dilaksanakan, apakah diperuntukkan bagi jabatan struktural atau fungsional. Hal ini penting diperhatikan karena pelaksanaan aktivitas pada jabatan struktural akan menggambarkan kewenangan dan tanggung jawab yang dipikul pada pejabat struktural tersebut, sedangkan pada jabatan fungsional menggambarkan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan pada penyandang pekerjaan. Untuk itu diperlukan standarisasi penggunaan kata kerja yang akan diaplikasikan pengungkapannya pada uraian pekerjaan, dengan menggunakan standard kata kerja, maka lingkup yang dikandung oleh suatu ungkapan kata kerja akan menjadi jelas dalam pengertian dan penggunaannya di lini pekerjaan.

Berikut ini contoh kata kerja yang dapat digunakan sebagai dasar perumusan tindak kerja pada tugas jabatan struktural.

a. Kata kerja sebagai cermin fungsi manajemen yang dapat digunakan untuk merumuskan tugas manajerial dalam tingkat manajemen puncak (level I) :

1). Menyusun Kebijakan
2). Merumuskan Sasaran
3). Merencanakan
4). Mengorganisasikan
5). Mengendalikan
6). Mengkoordinasikan
7). Mengarahkan
8). Membina
9). Menginstruksikan
10). Mendelegasikan, dll.

b. Kata kerja sebagai cermin fungsi manajemen yang dapat digunakan untuk merumuskan tugas manajerial dalam tingkat manajemen puncak (level II) :


1). Mengkoordinasikan
2). Merumuskan Sasaran
3). Membina
4). Mengarahkan
5). Menyelenggarakan
6). Mengevaluasi
7). Melaporkan
8). Menginstruksikan
9). Mendelegasikan, dll.


c. Kata kerja sebagai cermin fungsi manajemen yang dapat digunakan untuk merumuskan tugas manajerial dalam tingkat manajemen menengah (level III) :


1). Merencanakan Kegiatan Operasional
2). Membagi tugas
3). Memberi petunjuk
4). Menyelia
5). Mengatur
6). Mengevaluasi
7). Melaporkan


c. Kata kerja sebagai cermin fungsi manajemen yang dapat digunakan untuk merumuskan tugas manajerial dalam tingkat manajemen awal (level IV) :


1). Memberi petunjuk
2). Membagi tugas
3). Membimbing
4). Memeriksa
5). Mengoreksi
6). Mengontrol
7). Menyusun laporan
8). Merencanakan kegiatan


d. Kata kerja sebagai cermin aktivitas teknis operasional yang dapat digunakan untuk merumuskan tugas jabatan non manajerial (fungsional) :


1). Mengajar 18). Mencatat
2). Membuat 19). Mengeluarkan
3). Memindahkan 20). Memasukkan
4). Menyusun 21). Mengumpulkan
5). Memasang 22). Menghimpun
6). Mengemudikan 23). Menggandakan
7). Menghitung 24). Membubuhkan
8). Menyalin 25). Mengompilasi
9). Mengetik 26). Menggolongkan
10). Menarik 27). Memasang
11). Melayani 28). Mewawancarai
12). Menganalisis 29). Menyarankan/usul
13). Mengolah 30). Mengantarkan
14). Menabulasikan 31). Menyampaikan
15). Menyortir 32). Membersihkan
16). Menyimpan 33). Memeriksa, dll.
17). Mengagendakan


Untuk lebih jelasnya dapat melihat daftar kata kerja dan definisinya dan untuk pengisian format uraian pekerjaan dengan pengertian secara praktis dapat dilihat seperti di bawah ini :

II. Standard Kata Kerja

Berikut ini contoh kata kerja yang dapat digunakan sebagai dasar perumusan tindak kerja pada tugas pekerjaan fungsional.
  1. Melaporkan (to report), adalah kegiatan menyampaikan suatu bahan/fakta/hasil/keterangan, baik secara tertulis maupun lisan secara obyektif dan berdasarkan kenyataan suatu kondisi.
  2. Melayani mesin (tending) adalah suatu kegiatan pengawasan / memperkirakan kecenderungan kebutuhan mesin yang sedang beroperasi (mis; berkurangnya pelumas, pendingin dll).
  3. Melayani orang (serving ) adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengurus / memenuhi kebutuhan – kebutuhan atau permintaan-permintaan, atau keinginan-keinginan yang segera (implisit) dari orang.
  4. Memadukan (synthesizing) adalah suatu kegiatan mengintegrasikan hasil analisa data guna menemukan fakta ataupun menghasilkan konsep-konsep pengetahuan atau interpretasi-interpretasi.
  5. Memasang/menangani (handling) adalah suatu kegiatan yang diperlukan dalam hal membantu agar obyek benda lebih bisa dipastikan tidak akan berubah jika dilaksanakan pemrosesan.
  6. Memasang mesin (setting up) adalah suatu kegiatan menyiapkan operasi mesin dalam mengukur kecepatan putarannya, ukuran pelumas, ukuran pendingin, dan peralatan/kebutuhan mesin lainnya sebelum digunakan , kemudian menghidupkannya.
  7. Memasukan/mengeluarkan “ke” dan “dari” alat/mesin adalah suatu kegiatan menempatkan benda sesuai ukuran yang telah ditentukan dan mengawasi prosesnya serta mengeluarkan benda tersebut setelah selesai diproses.
  8. Membandingkan (to compare) adalah suatu kegiatan untuk menilai suatu karakteristik-karakteristik , fungsi, struktur, maupun komposisi yang mudah teramati dari suartu (data, manusia atau benda) satu dengan lainnya, apakah sama atau berbeda.
  9. Memberi petunjuk (guideline), adalah kegiatan mengarahkan sesuatu dengan menggunakan contoh-contoh dengan tujuan menjelaskan sesuatu yang selanjutnya untuk dituruti.
  10. Membersihkan (to clean), adalah kegiatan merubah dari keadaan kotor menjadi keadaan lain yang bersih, nyaman, aman, dan lain-lain.
  11. Membicarakan & memberi isyarat adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengajak orang lain untuk menyampaikan sesuatu (lisan maupun tulisan) atau bentuk informasi termasuk juga memberikan tugas /pekerjaan atau petunjuk kepada pembantu/assisten/bawahan.
  12. Membimbing (to guide), adalah kegiatan memberi tuntunan dan arahan secara bertahap pada seseorang atas sesuatu agar orang tersebut kemudian dapat menerapkan hasil tuntunan dan arahan tersebut.
  13. Membina (to build), adalah kegiatan penyuluhan/membimbing seseorang atau kelompok orang untuk dapat bertindak secara berdaya guna dan berhasil guna dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
  14. Membuat ( to creat), adalah kegiatan memproses sesuatu bentuk bahan baku menjadi barang jadi atau proses penciptaan sesuatu yang belum ada menjadi ada dan dapat dimanfaatkan, baik untuk fungsinya atau perusahaan.
  15. Membubuhkan (to add at), adalah kegiatan menaruh, menambahkan, menuliskan, memasukkan sesuatu yang sifatnya melengkapi proses kerja.
  16. Memelihara (to maintain), adalah suatu kegiatan perawatan dalam artian secara kontinyu selalu dimonitor dan diambil suatu tindakan preventive jika diperlukan agar alat/mesin/bangunan dan lain-lain selalu dalam kondisi baik dan berfungsi.
  17. Memeriksa (to check), adalah kegiatan melihat dengan teliti suatu keadaan untuk mengetahui keadaan tersebut (baik tidaknya, salah benarnya, dan lain-lain.
  18. Memindahkan (moving), suatu kegiatan merubah penempatan suatu obyek dari satu tempat ke tempat yang lain.
  19. Memonitor (to monitoring), adalah suatu kegiatan pemeriksaan secara kontinyu suatu obyek dan mencatat serta melaporkan kondisinya pada yang berwenang.
  20. Mempengaruhi (persuanding) adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi orang lain agar suka atau setuju terhadap suatu sikap, pandangan atau juga terhadap suatu produk /jasa.
  21. Memperbaiki (to repair/rehabilitation), adalah suatu kegiatan merubah kondisi suatu alat/peralatan, mesin atau lainnya dari kondisi rusak (tidak berfungsi) menjadi berfungsi kembali.
  22. Mempresentasikan (to presentation) adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menyampaikan sesuatu yang bersifat informasi, data atau konsep pada audience (pendengar/peserta) secara langsung, yang selanjutnya dapat dibahas secara bersama-sama untuk diuji keandalan dan kevalidannya.
  23. Memproses (to processing), adalah kegiatan rangkaian tindakan terhadap sesuatu secara bertahap sampai menghasilkan suatu produk jadi/selesai.
  24. Memvalidasi (to validate), adalah suatu kegiatan pemeriksaan dan penilaian yang untuk selanjutnya diakhiri dengan pencantuman tanda legalitas ( berdasarkan aturan/kaidah dlsb ) dari penyandang pekerjaan diberi wewenang untuk hal tersebut, atau dengan kata lain proses konfirmasi pengukuhan suatu kebenaran secara teori, kode etik, argumentasi, dan atau aturan yang berlaku.
  25. Memverifikasi (to verfication), adalah suatu kegiatan proses pemeriksaan, pemerkiraan, menilai dan memberi persetujuan keputusan akhir atas suatu perhitungan usulan, perencanaan, pertimbangan dan lain-lain.
  26. Menabulasikan (tabulating) adalah suatu kegiatan menuangkan data ke dalam bentuk-bentuk tabel yang berisi ikhtisar sejumlah (besar) fakta yang disusun secara berurutan dan praktis dengan tujuan data tersebut dengan mudah disimak/dibaca secara keseluruhan.
  27. Menarik (draw,pull), adalah suatu kegiatan menggerakkan suatu obyek dari suatu kondisi/tempat ke kondisi/tempat lain dengan menggunakan alat/peralatan/metoda dengan tujuan agar obyek tersebut dapat dimanfaatkan lebih optimal.
  28. Menasehati (mentoring) adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memberikan informasi secara terinci dan jelas kepada orang (lawan bicara ) mengenai apa yang harus dikerjakan (didahulukan ) dengan cara yang tepat untuk mengerjakannya , atau untuk menetapkan tujuan umum dan mendorong untuk mengerjakannya dengan cara yang terbaik menurut mereka.
  29. Mencatat (to make a note of), adalah kegiatan menuliskan sesuatu ke dalam buku atau sarana lain dengan tujuan untuk digunakan pada masa yang akan datang.
  30. Mendelegasikan (to delegate), adalah kegiatan penggunaaan kewenangan seorang pejabat/atasan kepada staf bawahannya atau orang (sekumpulan orang) yang ditunjuk dan diutus sebagai wakil untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu.
  31. Mendiskusikan (discuss) adalah suatu kegiatan bentukan pikiran dan pendapat diantara 2 orang atau lebih, guna merumuskan suatu kebijakan / program / permasalahan dan lain-lain, ataupun untuk memperoleh kesepakatan dalam pengambilan keputusan, kesimpulan ataupun cara pemecahannya.
  32. Mendokumentasikan ( to documentation), adalah suatu kegiatan penerimaan, penyimpanan, perawatan dokumen-dokumen perusahaan secara teratur dan rapih serta mudah dalam pencarian kembali (retrieve).
  33. Menerima (to receipt) adalah suatu kegiatan mendapatkan/menampung sesuatu yang diberikan / diserahkan yang untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan kebutuhannya.
  34. Mengagendakan (agenda), adalah suatu kegiatan pencatatan suatu obyek dengan kategori-kategori tertentu dengan tujuan dapat digunakan sebagai pedoman untuk keperluan tertentu.
  35. Mengajar (to teach), melatih, membimbing (membina) adalah suatu kegiatan menyampaikan dan menjelaskan pengetahuan, baik teori maupun praktek dengan cara yang mudah dipahami dan memastikan bahwa akibat atau hasil yang diharapkan dapat tercapai .
  36. Mengamankan (to pasifyed/render safe), adalah suatu kegiatan menyimpan, menata, dan atau menertibkan sesuatu barang/data/orang dari suatu tempat/kondisi yang mengakibatkan kerugian ke tempat/kondisi yang lebih bisa dijamin keselamatannya.
  37. Mengamati/meneliti (to research), adalah suatu kegiatan mencermati terjadinya perubahan dari suatu fenomena yang selanjutnya hasilnya akan dijadikan dijadikan acuan untuk tindak lanjut perbaikan.
  38. Menganalisa (to analyze) adalah suatu kegiatan usaha penyelidikan terhadap suatu obyek untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya dan kemudian dirumuskan, dengan tujuan untuk memecahkan masalah ke dalam bagian-bagian menurut metoda yang konsisten untuk mencapai pengertian tentang prinsip dasarnya.
  39. Mengantarkan (accompany), adalah kegiatan membawa/mendampingi/ menyampaikan sesuatu (barang, orang, data, dan lain-lain) dari suatu tempat ke tempat lain.
  40. Mengarahkan (to directing), adalah kegiatan membimbing dan memberi petunjuk untuk melaksanakan sesuatu sesuai dengan hasil yang diharapkan.
  41. Mengarsipkan (to filling), adalah suatu kegiatan menyimpan dan memelihara dokumen tertulis yang berasal dari komunikasi tertulis (surat menyusun akta, dsb), yang dikeluarkan dari perusahaan atau instansi resmi di tempat khusus untuk digunakan sebagai referensi.
  42. Mengatur (string, thread), adalah kegiatan menyusun/menata sesuatu dari kondisi tak teratur menjadi kondisi rapi dan berurutan.
  43. Mengembangkan (to develop), adalah kegiatan merubah dasi suatu kondisi tertentu menjadi suatu kondisi yang bertambah (banyak / sempurna) sesuai dengan harapan/target yang telah dicanangkan.
  44. Mengemudikan , menjalankan mesin (driving, operating) adalah suatu kegiatan menggerakan mesin dan mengarahkan tujuan dari satu kondisi kekondisi lain yang telah ditetapkan.
  45. Mengendalikan (to controlling), adalah kegiatan mengawasi dan membandingkan hasil dan sasaran secara teratur serta menyesuaikan usaha perbaikan dari hasil pengawasan tersebut.
  46. Mengerjakan benda dengan manual/perkakas (manipulating) adalah suatu kegiatan untuk menangani atau menempatkan benda / bahan dengan menggunakan peralatan tangan (manual) atau peralatan khusus yang bukan mesin.
  47. Mengerjakan presisi benda (precision working) adalah suatu kegiatan merubah bentuk atau ukuran suatu benda dengan menempatkan /tidak menempatkan pada peralatan/mesin dan menggunakan perkakas/ alat yang sesuai untuk mendapatkan hasil yang mempunyai nilai tambah.
  48. Mengestimasi ( to estimate) adalah suatu kegiatan penaksiran / perkiraan / ramalkan keadaan suatu obyek dengan menggunakan data /informasi masa lalu untuk mendapatkan gambaran masa yang akan datang.
  49. Mengetik (typing), suatu kegiatan pencatatan suatu obyek tulisan/lisan dengan menggunakan alat/peralatan tulis kantor (mesin tik, komputer, dan lain-lain).
  50. Mengevaluasi (to evaluate) adalah suatu kegiatan memeriksa dan memberikan nilai suatu obyek dengan ukuran kuantitas tertentu, dengan menggunakan suatu pedoman yang secara bersama telah disepakati penggunaannya.
  51. Menggandakan (to Copying), adalah kegiatan memperbayak/berjumlah banyak beberapa kali atas sesuatu dengan hasil materi yang sama.
  52. Menggali (to observating), adalah suatu kegiatan mendapatkan sesuatu (keterangan, informasi, data dlsb sejenis) yang akan digunakan sebagai bahan dalam suatu proses pekerjaan.
  53. Menggolongkan (classify), adalah kegiatan membagi-bagi atas beberapa bagian dari sesuatu yang tadinya satu satuan.
  54. Menghibur (amusing) suatu kegiatan yang dilakukan untuk merubah dari situasi/kondisi satu menjadi situasi/kondisi lain sperti; dari situasi/kondisi gundah,sedih, murung dll menjadi situasi/kondisi ceria, senang, gembira dll.
  55. Menghimpun (to collect) adalah suatu kegiatan mengumpulkan sesuatu dari keadaan yang becerai berai / berantakan menjadi bersatu (terkumpul) di suatu tempat.
  56. Menghitung (to calculate) adalah suatu kegiatan untuk melaksakan pekerjaan arithmatika serta membuat laporan ataupun mempersiapkan dan mengatur suatu tindakan dalam hubungannya dengan persoalan tersebut.
  57. Menghitung ( to compute), adalah suatu proses pemecahan masalah dengan menggunakan prosedur matematika dengan menggunakan bantuan komputer / kalkulator / mesin / alat hitung.
  58. Mengidentifikasikan (Identification) adalah suatu kegiatan /proses untuk menentukan keberadaan posisi dan kejelasan identitas sesuatu yang didasarkan pada pemeriksaan dan analisa data secara cermat dengan menggunakan fasilitas/metoda/prosedur tertentu.
  59. Mengintegrasikan (to integration), adalah suatu kegiatan penggabungan/pengkombinasian/penyatuan dari beberapa bentuk, jenis atau macam yang sifatnya rinci menjadi suatu bentuk, jenis dan macam yang bersifat global/menyeluruh.
  60. Menginstruksikan (to instructing), adalah kegiatan penggunaan kewenangan seorang pejabat/atasan untuk memerintah/mengarahkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas dari atasan kepada staf bawahannya.
  61. Menginstall (to install), adalah suatu kegiatan memasang/memasukkan sistem teknologi informasi (perangkat lunak komputer) atau pada pemasangan perangkat keras, seperti instalasi pipa, kabel (listrik/telephone/air/gas dlsb sejenis).
  62. Menginventarisir (to inventorying), adalah suatu kegiatan pencatatan data kembali secara rutin atau berkala atas sesuatu agar selalu dapat diketahui apabila terjadi perubahan baik yang diinginkan maupun yang tak diinginkan yang dibuat sebagai laporan/ bahan pertimbangan untuk suatu keputusan.
  63. Mengkoordinasikan (to coordinate) adalah suatu kegiatan mengumpulkan dan mengarahkan serta menentukan waktu, tempat dan keurutan atau tindakan yang akan dilaksanakan ( atas dasar analisis data ) serta melaksanakan atau memberlakukan ketetuan-ketentuan , ataupun melaporkan hasil pelaksanaan hasil evaluasi.
  64. Mengolah (manner, processing) adalah suatu kegiatan merubah (menstransformasi) bentuk suatu obyek/benda/data secara bertahap dengan menggunakan alat/peralatan/metoda dari satu bentuk menjadi bentuk lain atau menjadi lebih sempurna dan lebih dapat diberdayakan.
  65. Mengoreksi (to correction) adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki /melengkapi dari suatu bentuk awal menjadi bentuk lain.
  66. Mengorganisasikan (to organize), mengatur dan menyusun bagian-bagian (orang dan lain sebaginya) sehingga seluruhnya menjadi suatu kesatuan yang teratur untuk mencapai sesuatu tujuan.
  67. Menguji (testing), adalah suatu kegiatan proses pemeriksaan, pengukuran (membandingkan) suatu obyek/barang dll dalam hal kemampuannya, keandalannya dan atau manfaatnya.
  68. Mengumpulkan (to collect), adalah kegiatan membawa sesuatu yang berada terpisah dan menyatukan antara satu dengan yang lain agar menjadi terintegrasi.
  69. Menindaklanjuti (to follow up), adalah suatu kegiatan melengkapi secara bertahap suatu pekerjaan sampai selesainya tahapan pekerjaan tersebut.
  70. Menjadwalkan (scheduling) adalah suatu kegiatan penyusunan secara berurutan dan rapih dihubungan dengan waktu, tempat, biaya, tenaga , material dll yang diperlukan dalam rangka penyelenggaraan suatu kegiatan.
  71. Menjalankan, mengontrol mesin (operating, controlling) adalah suatu kegiatan mengatur / mengendalikan /mengawasi kestabilan kondisi pada ukuran yang ditetapkan dari mesin yang dihadapi.
  72. Mentransformasikan (to transformate), adalah suatu kegiatan mengubah rupa (bentuk, sifat, fungsi, dlsb), atau mengalihkan/mengubah struktur inti atau beberapa inti menjadi menjadi struktur lahir dengan menerapkan metoda dan teknik transformasi tertemtu dengan bidang kerja.
  73. Menyalin (copying) adalah suatu kegiatan menulis, mencatat, menggandakan, ataupun membukukan kembali atas data yang semula dengan hasil yang sama.
  74. Menyampaikan (convey, extend, put on), adalah kegiatan memberikan sesuatu (barang, informasi, dan lain-lain) dari satu ke orang/tempat lain.
  75. Menyarankan (to advice) adalah suatu kegiatan penyampaian ide/pemikiran/opini /usulan /ang dikemukakan, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan untuk dipertimbangkan dan diharapkan dapat melengkapi data/informasi dalam suatu proses mengatasi / menjelaskan suatu permasalahan.
  76. Menyelenggarakan (to organize), adalah kegiatan mengurus, memproses, dan memutuskan hasilnya dari suatu masalah/konflik berdasarkan kebijakan, perintah, aturan, rencana, dlsb.
  77. Menyelia (supervising), mengawasi adalah suatu kegiatan menginterpretasikan prosedur-prosedur kerja bagi kelompok personil, memberikan kewajiban-kewajiban kepada mereka, menjaga hubungan harmonis diantara mereka dan meningkatkan efisiensi kerja.
  78. Menyiapkan (to preparation) adalah suatu kegiatan penyusunan/pengaturan segala sesuatunya (sarana & fasilitas) yang diperlukan bagi suatu tindakan /penyelenggaraan, baik yang berhubungan dengan perangkat lunak atau perangkat keras.
  79. Menyortir (sorting), adalah suatu kegiatan memilih dan memilah suatu obyek dengan tujuan tertentu sehingga obyek tersebut dapat dipisahkan dengan ketentuan tertentu.
  80. Menyusun (to compile) adalah suatu kegiatan untuk menempatkan data menurut klasifikasinya , kategorinya secara benar dan rapih agar apabila dicari, akan mudah dan cepat didapatkan kembali.
  81. Merancang (to design) adalah suatu kegiatan memvisualisasikan hasil pemikiran ke dalam suatu bentuk yang teratur dan rapih (gambar,maket, display dan lain-lain).
  82. Merawat dan Memelihara (to take care of/maintain), adalah kegiatan mengurus dan menjaga sesuatu dari segala macam gangguan yang akan merusaknya serta memberikan sesuatu agar yang dirawat dan dipelihara tersebut tetap terjaga keutuhannya atau dapat lebih baik dari sebelumnya.
  83. Merencanakan (to plan), adalah kegiatan membuat/menyusun konsep rancangan/rangka sesuatu yang akan dikerjakan kemudian.
  84. Merevisi (to revision), suatu kegiatan memperbaiki suatu obyek dari kondisi lama (out of date) menjadi kondisi yang baru (up todate) yang dapat dimanfaatkan secara optimal.
  85. Merumuskan (to formulate) adalah suatu kegiatan membuat pernyataan yang ringkas dan padat yang didasarkan atas suatu disiplin/ kaidah/ aturan dan diproses berdasarkan analisa dan evaluasi data/informasi.
  86. Mewawancarai (to intervew), adalah kegiatan meminta keterangan atau pendapat dari seseorang atau kelompok mengenai sesuatu.

Tidak ada komentar: